Jumat, 29 April 2011

[news] Melon's Best-Selling Songs of the Decade (2000-2010)


Melon, Salah satu music site terbesar di Korea, menjumlahkan data mereka selama 10 tahun untuk menemukan hasil TOP 100 songs selama sedekade. Hal yang mengejutkan adalah keseimbangan sempurna antara idola, penyanyi ballad, vocal groups, pria, wanita, muda dan tua. Namun, ada loncatan lagu tahun 2009 yang mengindikasikan meningkatnya pasar digital belakangan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Di tahun 2000an, Pasar Musik Korea telah menggantikan genre ballad yang sangat mendominasi sejak tahun 1980an dengan grup idola yang fokus pada dance music.Grup wanita seperti Wonder Girls, Kara, 2ne1 dan grup pria seperti Big Bang dan 2PM telah menjadi pengaruh paling kuat dalam arus utama industri.

Membuat kehadiran ditengan grup idola dan grup wanita adalah penyanyi dengan "Bakat murni". Perwakilan R&B Korea, Brown Eyes, berhasil menempatkan dark-horse di chart kedua dengan 'Little by Little'. Ballad, rock dan genre lain sangat signifikan di industri musik korea. Decade terakhir telah menggambar garis antara musik "untuk dilihat" dan musik "untuk didengar".

Namun, genre paling atraktif di dekade ini adalah grup idola yang terlahir dalam hati musik dance. Pengaruh mereka telah bertumbuh hingga titik dimana aktivitas mereka diperkirakan sebagai pusat aktivitas budaya Korea Selatan. Aktivitas super sibuk Girls' Generation, Wonder Girls, Kara, Big Bang, Super Junior, 2PM, 2AM, SHINee dan grup lain menutup dekade ini dengan kehadiran mendominasi.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Here's the Top 100 list with 5 Big Bang songs plus Gummy's "I'm Sorry" in which T.O.P was featured:

#4 Last Farewell
#8 Haru Haru
#15 Lies
#41 Lollipop (with 2NE1)
#65 Heartbreaker (G-Dragon)

+) #80 Gummy's I'm Sorry featuring T.O.P


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Source: Melon | Credits: Oniontaker, Michaerlroni @ soshified + fortrollingkpop @ 6theory + allkpop
Indo by Marsha @VIPindonesia
BIGBANGvipINDONESIA.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar