Sabtu, 12 Maret 2011

[news] Surat Ibu Jiyong untuk Jiyong~


Anakku sayang, belakangan ini melihatmu begitu lelah atas banyak hal, aku tidak merasa baik. Itu melukaiku. 
Untuk menjadi penyanyi, kau berada di “Entertainment Industry” selama hampir 10 tahun. Tapi setelah mendengar kau mengatakannya, kau tidak melakukan sesuatu yang hebat dan merasa sedih, itu melukai ku, kau tau? Terkadang melihatmu seperti itu, membuatku ingin menangis tapi aku takut jika aku menangis, kau akan menyerah. Jadi aku mengontrol air mataku... 
Dimataku, kau adalah anak kesayanganku yang manis. Kapanpun aku mendengar orang mengatakan hal-hal buruk tentangmu, aku menggunakan mataku untuk melihat mereka dengan dingin tapi ini bukanlah tujuan suratku. Aku merasakan sesuatu yang tidak pernah kurasakan sebelumnya jadi aku memutuskan memberitahumu sekarang.
Ketika melihatmu diterima dan dicintai banyak orang dan merasa senang, ibu merasa bahwa menjadi idola hanyalah saat-saat "karir yang membanggakan".
Tapi aku masih merasa tepat untukmu untuk memiliki karir ini tapi ada banyak orang diluar sana. Semuanya dengan pikiran dan pola pikir yang berbeda. Kau harus terus membuat ide baru untuk memuaskan orang-orang, kau tentu paling tau tentang ini dibanding orang lain kan? 
Dan saat kau debut, kau debut dengan julukan “The Best Idol Group”. Dan itulah sebabnya mengapa orang begitu memperhatikan Big Bang. Pasti.
Tapi sebagai leader Big Bang, seorang leader yang mengantisipasi soal, menggunakan “Skimpy clothings” ini akan melukai banyak orang / fans diluar sana!
Karena aku tau jika orang kecewa padamu, cara mereka menunjukkannya juga akan melukaimu. Tapi kau adalah anak yang manis dan jika kau terluka karena apa yang dikatakan orang lain, ibu akan khawatir dan tidak dapat tidur.

Tapi ketika hal seperti itu terjadi, kau selalu menampilkan senyum di wajahmu, begitu berusaha gembira. Lalu aku berpikir, itu benar, anak siapa itu? Sebuah kesalahan di tingkat tertentu, dapat kembali dan diperbaiki. Jadi kapanpun, ibu melihat artikel dan hal-hal yang tidak benar di internet, aku sangat membenci mereka. 
Tapi memikirkan soal itu, kau adalah idola dan salah satu yang sangat terkenal. Mungkin itulah mengapa orang memperhatikan dan mempedulikanmu. Tapi aku tidak tahu bahwa “peduli” bisa jadi hal yang buru, hal buruk yang dimana para pembenci mengutukmu, berkomentar kasar tentangmu dan melukaimu. 
Di waktu seperti itu. Aku berpikir.. “Apakah ini karena mereka membencimu?” tapi aku terus berpikir.. “Mengapa orang bahkan membenci anak yang manis seperti itu?” anakku sayang, kau sekarang sudah dewasa, kau sudah berada pada usia yang bisa mengetahui dimana dan apa kesalahanmu. 
Ini Korea. Dan kau adalah idola. Itulah mungkin sebabnya banyak hal memiliki tingkatan tertentu juga. Dengan kepribadianmum ada orang yang mencintaimu itu adalah “hal yang alami”. Tapi dari sudut pandangku, orang mengomentarimu seperti itu karena kau telah membawa sebuah “Trend”. Sebuah trend bahkan dengan “Skimpy clothings”, kau menggunakannya sebagai Trend. Dan itulah sebabnya kau “menarik” perhatian orang lain, tentu saja. Terhadap ini, kupikir mereka yang berkomentar tentangmu juga tidak salah. 
Mendengar semua ini dariku, kamu mungkin berpikir aku “menarik perhatian” darimu dan memintamu mengatakan “maaf”. Kau mungkin berpikir ibumu mengkhianatimu. Jika kau berpikir demikian, sekarang dengarlah, itu karena “Aku ibumu”. Sekarang ingat ini di hatimu. “Aku ibumu!”
Jadi saat kau berteriak pada dunia, lihatlah halaman pertama suratku. itulah ceritamu. Kupikir kau sudah mencerminkan dirimu sendiri dan kau sudah memiliki pikiranmu sendiri. Tapi tidak lama lalu, saat latihan fashion mu menimbulkan serangkaian komentar lagi..
Walaupun itu normal bagi kita dirumah, tapi kau menghadapi kamera, kamera yang dilihat seluruh masyarakan Korea. Tapi kau melakukan hal yang sama, masalah yang sama lagi. Itu melukaiku, taukah kau?
Dalam ingatanku, kau adalah anak yang sempurna. Tidak peduli apapun yang kaulakukan, semuanya sangat terinci. Tapi akhir-akhir ini, aku merasa kau “mengabaikan” semua komentar tentang pembenci itu dan hanya peduli pada fans yang mencintai dan mendukungmu dan perlahan menenangkan dirimu.
Tentang plagiarisme dan konser Shine A Light, Aku tau kau sangat menghargai dan fokus pada mereka, jadi kau sangat terluka, tpai ada lagu, denga lirik : “Selalu ada naik dan turun.” Jaid aku berharap anakku bukanlah tipe orang yang akan memplagiat lagu orang. Karena dia bukanlah anak jahat. Tapi untuk mereka yang tidak mengerti anakku, pasti akan salah paham. Jadi aku berharap apapun yang kau lakukan dimasa depan mohon lebih berhati-hati. Dan jangan sedih dan mempermasalahkan hal-hal seperti ini lagi.
Tapi aku terkejut, kami melihat konsermu di chart dan orang-orang membicarakannya, aku terkejut juga. Kau juga, benar kan? Anakku, yang berada salah dengan cara tertentu terkejut juga kan?
Saat mengadakan konsermu sendiri, pikirkanlah bahwa ada fans yang masih muda juga. Jadi kupikir jangan selalu mengikuti keinginanmu untuk konser, berikan sedikit perhatian pada fans mu, bisakah?
Saat kau debut, kupikir fans yang tertarik padamu bangga padamu dan kau memimpin mereka. Tapi kupikir sekarang, kau membiarkan fans mu memimpinmu. Aku sedih, kau harus jadi ornag yang tidak membiarkan orang lain mengendalikanmu. Jangan terus mengharapkan cinta dan dukungan dari fans mu. Kau harus bersemangat dan bertumbuh, bisakah anakku? Ibu akan mendukungmu apapun yang terjadi! Aku akan berada dibelakangmu menyemangati: ” Hwaiting, anakku!”
Jiyong ah,
Ibu akan selalu percaya dan mencintaimu. Kuharap kau akan menjadi orang yang rendah hati dan menerima semua komentar orang diluar sana. Untukmu, ini masihlah jalan yang panjang dan kami tetap melihatmu bertumbuh kan? 
Ibumu akan mengharapkan apa yang akan kau hasilkan lebih dari semua fans yang mencintaimu diluar sana! Jangan pernah lupakan ini. 
Jiyong ah, dimasa depan akan ada hari yang lebih melelahkan, hari yang buruk akan datang.. Tapi ibu tidak bisa membantumu lagi. Aku percaya kau adalah anak yang baik, Jadi aku melepaskan peran dan surat ini padamu. Aku tau kau akan membenciku karenanya, membenciku karena memberimu begitu banyak tekanan, tapi untuk kesuksesanmu, Aku akan menerima jika kau membenciku karenanya.
Untuk dunia seperti ini, kau punya pilihan untuk mengabaikan ku tapi ingat ini: “Mengabaikan, juga adalah salah satu cara lain untuk mencintai.”
Jiyong, anakku, Hwaiting! Jangan lupa ibu selalu mendukungmu! Memberimu dukungan moral! Jangan berhenti dan kau harus bekerja lebih keras!! Aku mencintaimu, anakku sayang. – Ibu Jiyong untuk Jiyong.
p/s : yang dimaksud ibu Jiyong soal "skimpy clothes" adalah pakaian kontroversial yang digunakan di MNet Choice Awards dimana ia mengenakan pakaian bertuliskan “I <3 Sex”, “69″, dan “F#ck You Too.” Reaksi yang sama juga terjadi saat ia menggunakan kaos dengan gambar wanita dengan dada terbuka di salah satu penampilan.
(Cr: However that produced the Chinese letter of Jiyong’s mom letter to Jiyong)
Translated by: Angela (@ohh_angela)
indo trans by Marsha @VIPindonesia
BIGBANGvipINDONESIA.blogspot.com

2 komentar:

surat terpanjang yg pernah ku baca.. love u, jiyong omuni :)

terharu, sampe nangis. padahal nih surat bukan buat aku :')

Posting Komentar